Ilmuwan Swedia Temukan Cara Bikin Darah Sintetis dari Tanaman

Ilmuwan Swedia Temukan Cara Bikin Darah Sintetis dari Tanaman

http://maulanasuherman.blogspot.com/2014/10/obat-luka-lambung-akut.html
Ilmuwan Swedia Temukan Cara Bikin Darah Sintetis dari Tanaman,- Minimnya stok darah yang tersedia di beberapa tempat membuat sekelompok ilmuwan dari Lund University, Swedia, mencoba mencari jalan lain untuk mengatasi masalah kebutuhan darah darurat. Para ilmuwan tersebut mencari pengganti darah dan menemukan harapan pada tanaman bit gula yang mengandung protein hemoglobin.

Hemoglobin adalah protein dalam darah yang bertanggung jawab membawa oksigen ke seluruh tubuh dan membuat darah memiliki warnanya yang merah. Berdasarkan laporan penelitian yang telah dipublikasi di jurnal Plant and Cell Physiology, kandungan hemoglobin pada manusia dan bit gula sangat mirip.

Pemimpin studi Nelida Leiva dari Lund University mengatakan hemoglobin yang ditemukan pada tanaman memiliki kemiripan 50-60% dengan hemoglobin manusia dan lebih kuat.

"Ada sedikit perbedaan kecil pada permukaan protein, tapi perbedaan tersebut tampaknya memperpanjang umur hemoglobin pada bit gula dan ini merupakan berita bagus," kata Leiva seperti dikutip dari situs resmi Lund University, lunduniversity.lu.se, pada Kamis (6/11/2014).

Leiva mengatakan temuannya ini membawa dua kemungkinan untuk diterapkan. Kemungkinan pertama adalah mengadaptasi hemoglobin tanaman untuk digunakan pada manusia, sementara kemungkinan kedua adalah membuat tanaman untuk memproduksi hemoglobin manusia.

Prof Leif Bulow dari Lund University yang juga terlibat dalam studi mengatakan tahap berikut dari temuan ini adalah mencoba mengembangkan hemoglobin tanaman.

Rencananya pada tahun 2015 para peneliti dari Lund University akan bekerja sama dengan peneliti dari University College London untuk mengaplikasikan hemoglobin tanaman pada hewan.

"Dari satu hektar, kami dapat menghasilkan 1-2 ton hemoglobin. Ini bisa menyelamatkan ribuan nyawa," imbuh Bulow.

Sumber: Ilmuwan Swedia Temukan Cara Bikin Darah Sintetis dari Tanaman