4 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Mental

4 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Mental

http://maulanasuherman.blogspot.com/2014/10/4-manfaat-olahraga-untuk-kesehatan.html
4 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Mental,- “Mensana incorporisano” adalah istilah yang berarti didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Banyak orang beranggapan bahwa olahraga ternyata bagus untuk kesehatan mental. Hal ini benar adanya, karena jika tubuh sehat, maka jiwa pun akan kuat. Didalam jiwa yang kuat, terdapat pikiran jernih. Di dalam pikiran jernih, terdapa mental yang sehat. Hal itulah yang mendasari bahwa olahraga itu penting untuk kesehatan mental.

Agar mendapatkan tubuh yang sehat, seseorang harus berolahraga rutin selain memakan makanan yang sehat dan bergizi. Olahraga secara rutin diperlukan untuk membakar lemak dalam tubuh dan meregenerasi sel-sel yang rusak. Selain itu, olahraga juga mampu meregangkan otot-otot yang kaku.

Olahraga mampu menyehatkan mental karena dapat membantu seseorang agar:

1. Lebih disiplin

Orang yang disiplin berolahraga akan mampu lebih disiplin dalam mengerjakan pekerjaan atau tugas keseharian. Orang yang lebih disiplin akan mampu memprioritaskan hal penting dengan lebih baik.

2. Meredakan stres

Orang dengan stres yang tinggi dapat disembuhkan dengan berolahraga. Sel-sel otak dapat terstimulasi dengan baik sehingga mampu meningkatkan mood. Hal ini sering dialami orang yang mengikuti latihan yoga karena pemfokusan pada pernafasan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Telah terbukti, bahwa orang yang rutin melakukan yoga lebih mampu mengontrol stres.

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Orang yang rajin berolahraga dengan teman dan melakukan kompetisi seperti lomba balap sepeda atau balap lari pasti mengetahui dengan baik apa arti kegagalan dan kesuksesan. Orang yang mampu mengetahuinya dengan baik akan mampu menghadapi sesuatu dengan lebih siap dan percaya diri. Kepercayaan diri yang meningkat akan membuat hasil kerja anda semakin membaik.

4. Lebih mudah bersosialisasi

Orang yang cenderung introvert akan mampu membuka diri dan berkomunikasi dengan lebih baik dengan berolahraga. Olahraga yang memerlukan banyak kerjasama seperti estafet akan lebih mendekatkan seseorang sehingga mampu bersosialisasi dengan lebih baik.

Keempat hal diatas menjadikan olahraga ternyata bagus untuk kesehatan mental. Untuk mendapatkan mental yang sehat anda harus rajin berolahraga dengan banyak orang termausk keluarga dan teman. Anda akan mendapatkan 2 keuntungan dari olahraga, yaitu badan dan mental yang sehat. Selamat berolahraga!

Sumber: 4 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Mental