Apakah Penderita Tekanan Darah Tinggi Boleh Minum Kopi?

Apakah Penderita Tekanan Darah Tinggi Boleh Minum Kopi?

Apakah Penderita Tekanan Darah Tinggi Boleh Minum Kopi?,- Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak disukai dan sering disuguhkan ketika sedang berkumpul dengan keluarga atau teman. Kopi memang selalu menjadi teman yang pas untuk sekedar mengobrol atau bersantai. Menurut  penelitian kesehatan, minum kopi memiliki kesan baik dan buruknya, apakah Anda boleh minum  kopi atau tidak kalau menurut aturan itu  tergantung pada setiap kondisi tubuh masing- masing.

Banyak yang berpendapat bahwa mengonsumsi kopi merupakan salah satu penyebab dari tekanan darah tinggi. Karena didalam kofi mengandung kafein, yaitu suatu stimulan (perangsang) yang dapat merangsang sistem saraf pusat, yang pada akhirnya akan meningkatkan frekuensi denyut jantung dan tekanan darah. Kafein dalam kopi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah  secara mendadak, bahkan pada orang yang pada awalnya memiliki tekanan darah normal.

Namun, menurut penelitian yang dilkaukan oleh Preventine and Clinical Investigation Centre di Paris baru-baru ini membalikan temuan medis terdahulu seputar dampak asupan kafein pada tekanan darah. Klinis sebelumnya menyarankan agar penderita tekanan darah tinggi untuk mengurangi asupan kafein, namun kini berbeda. Ilmuwan menemukan bahwa kopi aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Tekanan darah pada penikmat kopi terbukti lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak atau jarang  mengonsumsi kopi. Asupan kafein dari 4 cangkir kopi sehari disebutkan mampu menjaga tekanan  darah tetap rendah dan detak jantung stabil.

Menurut hasil penelitian dari John Hopkins juga  mengatakan bahwa mengonsumsi kopi dalam tahapan yang wajar tidakmemiliki pengaruh pada  tekanan darah. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 1000 orang laki-laki lulusan  universitas tersebut yang menyukai kopi dengan rata-rata konsumsi kopi lebih dari 2 cangkir sehari. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara minum kopi dengan tekanan  darah tinggi.

Lalu bagaimana dengan penderita hipertensi, apakah bisa mengonsumsi kopi? Menurut para ahli konsumsi kopi masih diperbolehkan pada penderita hipertensi, asal sesuai dengan aturan. Jadi, intinya asupan kopi harus dibatasi hingga  tidak boleh melebihi dari 3 cangkir perharinya. Karena apapun yang dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan, termasuk salah satunya kopi. Kopi juga akan  menimbulkan manfaat jika dikonsumsi sewajarnya. Semoga informasi yang diberikan bisa  bermanfaat.

Sumber: Apakah Penderita Tekanan Darah Tinggi Boleh Minum Kopi?