Vitamin C Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Vitamin C Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Vitamin C Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi,- Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehTn masyarakat yang umum terjadi di negara berkembang dan tergolong penyakit silent killer,  dimana penyakit ini tidak menunjukkan  gejala kritis, namun dapat menyebabkan serangan yang sangat fatal. Jika hipertensi tidak segera ditangani, maka dapat berdampak pada timbulnya penyakit degeneratif, termsuk penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan  penyakit pembuluh darah perifer.

Para ilmuwan dari Universitas Johns Hopkins dalam riset terbarunya  menemukan adanya manfaat dari suplementasi vitamiin C dosis tinggi  dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian yang diterbitkan dalam edisi terbaru American Jurnal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa konsumsi vitamin C secara teratur dapat menyebabkan penurunan moderat tekanan darah seseorang.

Dengan penggunaan dosis yang tepat,  vitamin C dapat membantu melebarkan  sel daraf dan mencegah gangguan  kesehatan yang disebabkan karena  hipertensi. Namun demikian, peneliti menekankan bahwa temuan ini tidak  menganjurkan seseorang untuk  mengonsumsi suplemen vitamin. Menurut  Edgar Pete R. Miller, pemimpin studi  menyebutkan bahwa sekitar 30% orang dewasa di Amerika Serika tmengalami  hipertensi yang merupakan daktor  resiko untuk penyakit jantung dan  stroke. Keberhasilan pengobatan  biasanya mencakup obat-obatan,  olahraga, penurunan berat badan, dan  perubahan pola makan seperti  mengurangi asupan garam.

Kesimpulan awal dari jurnal tersebut  menunjukkan, bahwa dengan  mengonsumsi sejumlah besar vitamin C,  setidaknya 500 mg (setara dengan  sekitar 6 cangkir jus jeruk) per hari  untuk rata-rata 8 minggu, dapat memiliki  efek posirtif khusus untuk seseorang  yang menderita hipertensi. Jumlah ini  setara dengan sekitar lima kali  rekomendasi harian saat ini. Vitamin C mungkin dapat memlihara atau  melindungi tingkat oksida nitrat dalam  tubuh. Fungsi oksida nitrat adalah  khusus untuk membantu menjaga  tekanan darah yang sehat.

Dalam risetnya, Miller dan rekan- rekannya mengkaji dan menganalisis  data dari 29 uji klinis sebelumnya yang  dipilih secara acak. Hasil temuan  menunjukkan, relawan yang  mengonsumsi rata-rata 500 mg vitamin C  setiap hari, tekanan darahnya berkurang  3,84 mmHg dalam jangka pendek. Bahkan  diantara mereka didiagnosis dengan  hipertensi, penurunan tekanan darah hampir mencapai 5 mmHg.

Meskipun demikian, peneliti Johnson  Hopkins belum merekomendasikan hasil  penelitian ini untuk banyak orang. Dr.  Edgar R. Miller III, salah satu peneliti  utama dalam studi tersebut juga menyebutkan, bahwa terlalu dini untuk  merekomendasikan aksi tertentu. Studi  lebih lanjut diperlukan untuk  menentukan dampak yang tepat dari  vitamin C pada tekanan darah.

Sumber: Vitamin C Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi